Pendidikan

 

Tugas Individu Manajemen Operasional

Keunggulan Kompetitif Melalui Pemasaran Kewirausahaan Dan Orientasi

Kewirausahaan Usaha Mikro Kecil Menengah

1.      Permasalahan :

Permasalahan yang di bahas dalam artikel tersebut yaitu untuk menguji pengaruh pemasaran kewirausahaan dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan kompetitif. UMKM berkembang pada tahun 2018 yang mana adanya UMKM ini di percaya sebagai pencipta lapangan kerja. Namun meningkatnya UMKM ini juga berpengaruh pada daya saing UMKM. Produktivitas dan inovasi yang ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia, budaya perusahaan, pendidikan, dan penguasaan teknologi merupakan aspek yang menentukan daya saing.

 

2.      Alat Analisis :

Jenis  penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan variabel dependen, yaitu keunggulan kompetitif sedangkan untuk variabel independen yaitu pemasaran kewirausahaan dan orientasi kewirausahaan. Alat yang digunakan adalah berupa data primer yang dikumpulkan melalui kuisioner kepada responden sampel penelitian.

 

3.      Keputusan yang diambil :

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran kewirausahaan secara parsial berpengaruh terhadap keunggulan kompetitif. Demikian pula orientasi kewirausahaan secara parsial berpengaruh terhadap keunggulan kompetitif. UMKM perlu menerapkan strategi yang berorientasi terhadap pertumbuhan dan peluang usah, berupaya proaktif mencari peluang usaha baru, pemasaran produk atau layanan dan berani mengambil risiko bisnis dalam mencipatakan model bisnis batu yang lebih efektif dan efisien   

Komentar