Pendidikan
Tugas Individu Manajemen Operasional
Keunggulan Kompetitif Melalui Pemasaran
Kewirausahaan Dan Orientasi
Kewirausahaan Usaha Mikro Kecil Menengah
1. Permasalahan
:
Permasalahan
yang di bahas dalam artikel tersebut yaitu untuk menguji pengaruh pemasaran
kewirausahaan dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan kompetitif. UMKM
berkembang pada tahun 2018 yang mana adanya UMKM ini di percaya sebagai
pencipta lapangan kerja. Namun meningkatnya UMKM ini juga berpengaruh pada daya
saing UMKM. Produktivitas dan inovasi yang ditentukan oleh kualitas sumber daya
manusia, budaya perusahaan, pendidikan, dan penguasaan teknologi merupakan
aspek yang menentukan daya saing.
2. Alat
Analisis :
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan
menggunakan variabel dependen, yaitu keunggulan kompetitif sedangkan untuk variabel
independen yaitu pemasaran kewirausahaan dan orientasi kewirausahaan. Alat yang
digunakan adalah berupa data primer yang dikumpulkan melalui kuisioner kepada
responden sampel penelitian.
3. Keputusan
yang diambil :
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran
kewirausahaan secara parsial berpengaruh terhadap keunggulan kompetitif. Demikian
pula orientasi kewirausahaan secara parsial berpengaruh terhadap keunggulan
kompetitif. UMKM perlu menerapkan strategi yang berorientasi terhadap
pertumbuhan dan peluang usah, berupaya proaktif mencari peluang usaha baru,
pemasaran produk atau layanan dan berani mengambil risiko bisnis dalam
mencipatakan model bisnis batu yang lebih efektif dan efisien
Komentar
Posting Komentar